Faktor-faktor yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia
1. Faktor modal
Dengan
modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang
diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita
jalani.
2. Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)
Agar
bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan,
tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas
tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan
bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah
bisnisnya.
3. Faktor ketepatan produk atau kecocokan produk
Faktor
ini juga mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Produk yang cocok
adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen serta
harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli konsumen). Produk tersebut
harus bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan bila perlu dapat
memberikan tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang berbisnis harus
benar-benar mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka harus
bisa menetapkan harga yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun
dengan tetap memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkannya. Mereka
juga harus memperhatikan harga pesaingnya. Konsumen tentu akan memilih
produk yang harganya terjangkau namun dengan tetap mempertimbangkan
kualitas produk yang akan mereka konsumsi. Oleh karena itu, orang yang
berbisnis harus selalu memperhatikan kualitas barang yang diproduksinya.
4. Faktor lingkungan masyarakat
Lingkungan
masyarakat juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap iklim bisnis di
Indonesia. Lingkungan masyarakat cenderung dinamis, selalu ada
perubahan. Kebutuhan dan keinginan masyarakat bermacam-macam dan selalu
berubah-ubah. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu
memperhatikan lingkungan masyarakat.
5. Faktor persaingan pasar
Pada
kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling
bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan
keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus
mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan
pesaingnya.
6. Faktor teknologi
Faktor
teknologi juga berpengaruh terhadap iklim bisnis di Indonesia. Semakin
maju teknologi yang digunakan, semakin berkembang pula bisnis yang
dijalani, namun dengan tetap memperhatikan skill serta faktor-faktor
lainnya.
7. Faktor alam
Jika
alam tidak bersahabat dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat
terganggu. Misalnya adanya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain.
Oleh karena itu, kita harus memilih tempat bisnis yang sesuai dan kita
harus bersahabat dengan lingungan serta jangan merusakya.
8. Faktor jenis bisnis
Faktor
ini juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap klim bisnis di Indonesia.
Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang
akan kita jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita
memilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya
bisnis di bidang pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan
yang akan kita peroleh sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang
akan kita jalani.
9. Faktor kebijakan pemerintah
Kebijakan
pemerintah juga turut mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Kebijakan
pemerintah tersebut bisa saja mendatangkan peluang bagi bisnis kita dan
bisa pula menyebabkan hambatan bagi bisnis kita. Misalnya kebijakan
dalam menetapkan pajak.
10. Faktor kondisi negara
Kondisi
negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik
maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu
bisa menghambat bisnis yang dijalani. Misalnya saat terjadi inflasi.
Tentu saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.
sumber : http://sharlitasara.blogspot.com/2010/10/tugas-1.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar